LOGO BARU
Bimbingan Teknis Good Agriculture Practices On Tea Di Empat Kabupaten Jawa Barat

Oleh: Erdiansyah Rezamela, S.P. - Peneliti Agronomi

Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang “Penerapan Teknologi Budidaya yang Baik (GAP) pada Tanaman Teh" bekerja sama dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung melalui peneliti agronomi Erdiansyah Rezamela, S.P.. Kegiatan ini merupakan program yang dilakukan untuk mendukung penyediaan dan pengembangan sarana pertanian, meningkatkan wawasan dan pengetahuan para petani teh, serta dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas komoditas perkebunan di Jawa Barat.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23-26 Februari 2021, bermula di Kec. Taraju Kab. Tasikmalaya; Kec. Sukanagara Kab. Cianjur; Kec. Purabaya Kab. Sukabumi; dan berakhir di Kec. Pangalengan Kab. Bandung. Materi yang dihadiri oleh anggota kelompok tani, pejabat dan staf Dinas Pertanian masing-masing kabupaten, Staf Disbun Prov. Jabar berfokus kepada intensifikasi teknik budidaya untuk memaksimalkan efektivitas input faktor di lapangan, mulai dari pemangkasan, persiapan, pelaksanaan, perawatan pasca pangkas, pemupukan, hingga pemetikan sesuai dengan kaidah dengan menjaga daun pemeliharaan.

Erdiansyah Rezamela, S.P. pun tidak hanya menjelaskan teori namun disertai dengan praktik singkat pengujian kadar pati, pemangkasan bersih, kegiatan pasca pangkas seperti gosok lumut, dan penggarpuhan hingga teknik pemetikan menggunakan gunting sesuai kaidah pemetikan.

Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat pada kesempatan bimtek ini pun memberikan bantuan berupa Pupuk Hayati dan Pupuk NPK untuk kelompok tani percontohan demplot dengan luas 2 ha per petani sebagai langkah tindak lanjut pelaksanaan. Sehingga harapannya, ilmu dan informasi GAP pada tanaman teh yang telah didapatkan berjalan dengan baik dengan tujuan peningkatan produktivitas dan pendapatan petani.

 

/editor: Hilman Maulana


Website Februari2
Website Februari