LOGO BARU
Kunjungan Kepala Dinas Perkebunan Provisinsi Jawa Barat ke PPTK

Dinas perkebunan Jawa Barat berencana melakukan pengembangan bahan tanaman teh varietas sinensis untuk perkebunan teh di Jawa Barat. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk teh khususnya petani teh rakyat di Jawa Barat. Dalam rangka tersebut, Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Ir. Hendy Jatinika, M.M., dan Kepala Balai Perizinan dan Sertifikasi Benih Perkebunan (BPSBP) Jawa Barat, R. Krisna Gunara, S.Hut., M.Eng., melakukan kunjungan dinas ke Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung. Dalam kunjungan tersebut turut hadir Kasi. Pengawasan Mutu Benih, BPSBP dan Kasi. Sertifikasi Benih, BPSBP, Jabar. 


Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan evaluasi kebun induk GMB pada tanggal 26 Februari 2021. Selain itu juga Membahas Sertifikasi Kebun Induk GMBS dan peluang pengembangannya di Provinsi Jawa Barat. Sebagaimana diketahui, Pihak PPTK Gambung telah memiliki klon unggul seri GMBS yang merupakan bahan tanam berjenis sinensis yang terdiri dari GMBS 1 – GMBS 5. 

PPTK telah menyiapkan kebun induk klon unggul seri GMBS seluas 1,25 Ha di KP. Gambung, Kebun induk tersebut telah ditanam pada tahun 2012 dan pada tahun 2021 ini telah siap untuk dijadikan kebun Induk yang dapat menghasilkan benih setek untuk penyediaan bahan tanam jenis sinesis. Namun, untuk memenuhi aspek legal peredaran benih perkebunan di Indonesia, Kebun Induk seri GMBS harus melalui proses sertifikasi terlebih dahulu kepada pihak yang berwenang (Dirjenbun Kementerian Pertanian, BP2TP Kementerian Pertanian, Dinas Perkebuan Jawa Barat, dan BPSBP Jawa Barat. 

Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Ir. Hendy Jatinika, M.M., dalam sambutannya sangat menyambut baik dan mengharapkan pemanfaatan potensi klon seri GMBS dapat segera diaplikasikan di Petani Teh Rakyat di Jawa Barat. Selain itu, Kadibun Jabar juga mengharapkan peran aktif PPTK dalam sosialisasi manfaat dan potensi klon seri GMBS ini melalui, pengadaan bahan tanaman, pengawalan teknologi, pelatihan, dan bimbingan teknis baik itu pra-panen dan pascapanen, yang dituangkan dalam MoU Kerjasama antara Disbun dan PPTK. 

Disbun Provinsi Jawa Barat berharap PPTK dapat membantu membuat draft Road Map pengembangan dan pemanfaatan Bahan Tanam Jenis Sinensis ini mulai dari hulu hingga ke hilir. Pihak Disbun dan BPSBP Jawa Barat siap mengawal dan membantu proses sertifikasi kebun Induk seri GMBS yang dimiliki oleh PPTK untuk mempercepat peluang pemanfaatan klon unggul seri GMBS ini terimplementasi di perkebunan petani teh rakyat di Jawa Barat.